10 Alat Musik Sederhana dari Barang Bekas: Kreasi Unik dari Kaleng hingga Bambu

Feb 19, 2023

Menciptakan alat musik sederhana dengan bahan-bahan sehari-hari dapat menjadi aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Dari kaleng bekas hingga potongan bambu, berikut adalah 10 contoh alat musik kreatif yang bisa Anda buat sendiri!

1. Angklung dari Bambu

Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Anda dapat mencoba membuat angklung mini dengan menggunakan potongan bambu yang telah dipotong dengan panjang yang tepat untuk menghasilkan nada yang harmonis.

2. Kaleng Drum

Siapkan kaleng bekas yang telah dibersihkan dengan baik. Tambahkan tali sebagai snare drum dan mulailah menciptakan ritme menarik dengan kaleng drum sederhana ini.

3. Marakas dari Botol Plastik

Gunakan botol plastik bekas sebagai bahan untuk membuat marakas dengan mengisi botol tersebut dengan biji-bijian atau kancing. Putar botol tersebut untuk menghasilkan suara yang unik.

4. Xylophone dari Kayu

Manfaatkan potongan-potongan kayu dengan ukuran yang berbeda untuk membuat xylophone sederhana. Penyusunan kayu-kayu tersebut akan menghasilkan serangkaian nada yang indah.

5. Cajon dari Kotak Karton

Anda dapat membuat cajon mini dengan menggunakan kotak karton yang telah diperkuat. Tambahkan bahan perekat dan paku untuk menciptakan suara perkusi yang menawan.

6. Suling dari Pipa PVC

Pipa PVC dapat digunakan untuk membuat suling dengan menambahkan lubang-lubang yang tepat pada pipa tersebut. Coba mainkan suling buatan sendiri ini dengan berbagai variasi lagu.

7. Drum Set Mini dari Toples Plastik

Toples plastik bekas dapat diubah menjadi drum set mini dengan menambahkan tutup toples sebagai snare drum, serta menggunakan alat pukul kecil sebagai drum stick.

8. Tabuhan dari Tutup Botol

Kumpulkan berbagai macam tutup botol plastik dan susunlah secara berbeda untuk menciptakan alat musik tabuhan yang unik. Setiap tutup botol menghasilkan nada yang berbeda-beda.

9. Kaleng Mini Guitar

Gunakan kaleng bekas sebagai body gitar mini dengan menambahkan senar gitar melalui bagian tengah kaleng. Mainkan kaleng mini guitar ini dengan cara dipetik.

10. Drum Cajon dari Kotak Kayu

Buatlah drum cajon dengan menggunakan kotak kayu yang diperkuat dengan bahan tambahan di bagian dalamnya. Drum cajon ini dapat menghasilkan berbagai macam ritme yang menarik.